Kegiatan Gladi Bersih UNBK 2020 SMK Bina Rahayu

Tidak dipungkiri lagi bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer Base Test(CBT), dengan Ujian Tulis sangatlah berbeda. Jika UNBK perlu mempersiapkan serta uji coba perangkat dan sistem, maka tidak dengan ujian nasional Berbasis Kertas Pensil (UNBKP).

UNBK adalah sistem pelaksanaan ujian nasional menggunakan komputer yang dijadikan sebagai perangkat ujian dan tidak menggunakan kertas. Karena itu, sebelum dilaksanakannya UNBK perlu diadakan simulasi atau uji coba terhadap perangkat komputer dan sistem UNBK itu sendiri.

Simulasi dan Gladi Bersih dilaksanakan pastinya mempunyai suatu tujuan utama yang akan dicapai. Baik itu pada pengenalan menu – menu baru atau sistem teknis dan non teknis pada pelaksanaan UNBK. Namun yang jelas untuk memastikan kesiapan sekolah dan madrasah melaksanakan UNBK.

Gladi Bersih bukan sebagai sarana untuk latihan Materi Ujian. Jadi jangan salah paham, materi tetap harus belajar sesuai dengan kisi – kisi. Soal Gladi Bersih bukan soal yang akan dijadikan sebagai Soal UNBK Utama hanya saja bentuknya bisa jadi semacam itu tetapi tidak sama.

Selain itu, gladi bersih pada Tahun ini, ada tambahan baru yaitu :

  1. Memperkenalkan bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kepada siswa.
  2. Memperkenalkan bentuk soal AKM kepada Guru semua mata pelajaran (tidak hanya guru mata pelajaran yang di UN kan)

Untuk Tahun Pelajaran 2019/2020, gladi bersih dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 18 Februari 2020, yang diikuti oleh kelas XII sebanyak 134 siswa/i.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *